Sosok Karta Atmaja 'Pawang Hujan' Pembukaan PorProv Riau X 2022

    Sosok Karta Atmaja 'Pawang Hujan' Pembukaan PorProv Riau X 2022

    Teluk Kuantan, Riau - Pekan Olahraga Provinsi Riau ke X di kabupaten Kuansing tahun 2022 yang akan buka oleh Gubernur Riau, Sabtu malam tanggal 12 November, Pukul 20.00 WIB, menuai banyak perhatian dari publik, terutama masyarakat kota Teluk Kuantan hingga masyarakat Riau. Bukan aksi olahraganya, tetapi karena ritual yang dilakukan oleh pawang hujan bernama  Karta Atmaja, jelang pembukaan Porprov tersebut.

    Apalagi, kekhawatiran sempat menyelimuti berbagai pihak, saat hujan deras mengguyur kota Teluk Kuantan selama 3 hari berturut turut. Inilah yang membuat Karta Atmaja turun ke lokasi Gor B Teluk Kuantan dan melakukan 'ritual rajo Alam' untuk menggeser awan hujan. 

    Berkali kali pernah terjadi, Karta Atmaja setelah melakukan ritual pada acara-acara besar di Riau ini, hujan benar-benar reda sehingga "dipercaya" pembukaan PorProv Riau di Teluk Kuantan dapat segera dilanjutkan. Hal ini membuat orang-orang akan mulai bertanya-tanya mengenai "ritual rajo Alam' yang dilakukan oleh pawang hujan Karta Atmaja. Lalu, apa itu pawang hujan?

    Melansir dari Wikipedia Indonesia, pawang hujan merupakan sebutan untuk seseorang yang dipercaya dapat mengendalikan hujan atau cuaca. Biasanya, orang tersebut punya ilmu gaib. Untuk itulah, perlu ada ritual yang dilakukan.

    Karta, memiliki nama lengkap Karta Atmaja yang disebut - sebut bergelar "Rajo Alam" itu, akan melakukan ritual pawang hujan agar sepanjang acara berlangsung, cuaca cerah dan tidak diguyur hujan.

    Selain itu, pawang hujan Karta Atmaja akan turut dihadirkan 200 meter sebelah Utara GOR B untuk mengusir cuaca buruk di Teluk Kuantan. (RP)

    olahraga
    Rahmad Panggabean

    Rahmad Panggabean

    Artikel Sebelumnya

    Polri Tak Tangani Lagi Laporan Terhadap...

    Artikel Berikutnya

    Lagi, Tim Opsnal Satuan Resnarkoba Polres...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima
    DPR Apresiasi Jenderal Sigit Atas Penghargaan Bagi Satrio